Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan mendapatkan alokasi sebesar 10 juta dolar Kanada dari Pemerintah Kanada-CIDA untuk mendukung percepatan pemberantasan korupsi.

"Dana sebesar itu diperuntukkan untuk mendukung percepatan pemberantasan korupsi," ujar Project Officer The Support to Indonesia`s Islands of Integrity Program for Sulawesi (SIPS) Pietra Widiadi di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, dana itu akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas aparat pemerintah daerah dalam menghindari peluang terjadinya korupsi.

Program ini merupakan salah satu bagian dari project bernama "The Support to Indonesia`s Islands of Integrity Program for Sulawesi".

Program ini akan dilaksanakan selama lima tahun. Arah kegiatan ini yakni mendorong tumbuhnya prinsip dan praktik tata kelola pemerintahan yang baik dalam berbagai layanan publik.

Di Pulau Sulawesi sendiri akan digelar di dua provinsi yakni Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Dipilihnya lokasi tersebut karena berdasarkan hasil survei Integritas KPK di 98 instansi tingkat pusat dan daerah yang dilakukan pada 2009.

Skor integritas Pemprov Sulsel menduduki urutan terendah kemudian diikuti Pemprov Sulawesi Utara. Hal ini menunjukkan perlu adanya upaya-upaya khusus untuk mendorong perbaikan-perbaikan di daerah ini.

Khusus di Sulsel akan digelar di lima daerah, diantaranya Makassar, Pinrang dan Enrekang .

Dalam tahap pelaksanaannya, program SIPS dibagi menjadi tiga komponen. Tiga komponen itu meliputi capacity building untuk implementasi dan inisiatif tata kelola pemerintah yang baik di daerah.

Capacity building di KPK untuk meningkatkan kinerja KPK dalam mendukung Islands of Integrity dan dokumentasi serta diseminasi praktik tata kelola tersebut.

Sementara kegiatan SIPS akan menfokuskan kepada tiga kegiatan yakni pelayanan perizinan dan non-perizinan terpadu, pengadaan barang dan jasa dan manajemen pemerintah daerah yang berbasis kinerja-insentif kinerja.