BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 06 Mei 2011

Calon Komisioner KPK Masih Dihiasi Muka Lama

INILAH.COM, Jakarta - Nama-nama calon Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dihiasi tampang lama. Hanya beberapa saja yang baru.
"Kami hanya disuruh mencari orang terus kami serahkan. Ya kalau yang lalu kan 13 orang sekarang lebih banyak sedikit sekitar 15-16 orang. Namanya gak enak lah kalo disebut tapi yang jelas muka-muka lama, yang baru cuma 2-3 orang," ujar Staf Ahli Menkumham, Achmad Ube kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/5/2011).
"Mereka dipilih seperti diamanatkan UU, persentasenya ada dari tokoh masyarakat dan pemerintah," imbuhnya.
Dari nama-nama yuang sudah dipilih itu, kata Ube, berasal dari kalangan pensiunan aparat pemerintah, akademisi, dan budayawan. "Misalnya jaksa atau polisi yang tidak aktif. Yang jelas gak ada orang parpol," katanya.
Dikatakan Ube, nama-nama tersebut sudah diserahakan Mekumham Patrialis Akbar kepada Menkopolhukam Djoko Sujanto. "Yang jelas Menkumham sudah menyerahkan nama-nama calon beserta CV-nya ke Menkopolhukam untuk diserahkan ke presiden. Siapa mereka tidak etis buat kami sebutkan nanti kalo gak jadi kan gak enak. Tunggu SK presiden saja," kilahnya.
Menurutnya, secepatnya nama-nama tersebut akan diumumkan ke publik. "September 2011 ini kan semua pimpinan KPK akan berakhir sebelum habis kita kan harus sudah bekerja siapkan penggantinya. Belum lagi prosesnya juga panjang dari pansel-presiden terus ke DPR. Efektifnya 3- 4 bulan prosesnya harus rampung ya paling lambat SK-nya bulan-bulan ini harusnya sudah jadi," tandasnya.[iaf]

Tidak ada komentar: