BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 04 Mei 2011

Kapolda Jatim: Jihad Sekarang Melawan Kemiskinan

INILAH.COM, Pamekasan - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Untung S Radjab mengajak masyarakat Madura khususnya di Kabupaten Pamekasan untuk tidak mudah terprovokasi pada oknum yang mengajak untuk melakukan jihad.

Pasalnya, jihad yang ada pada saat ini telah melenceng dari jihad yang sebenarnya. Menurut Untung, jihad yang sebenarnya pada jaman modern ini adalah mengentaskan kemiskinan serta mampu menahan emosi dari hal-hal yang tidak sejalan dengan pemikiran masyarakat.

"Jadi bukan Masjid di bom atau yang tidak sesuai dengan ajaran Islam," kata Kapolda Jatim saat silaturahmi dengan Forum Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Anggota Polri Jajaran Madura di Pendopo Ronggosukowati, Rabu (4/5/2011).

Menurutnya orang muslim kerangka berpikirnya sudah jelas bahwa Islam merupakan jalan yang mampu mengantarkan kepada Ridho Tuhan.

Dijelaskan, jihad yang ada saat ini terkesan mengada-ada. Apalagi, dengan adanya aliran baru Negara Islam Indonesia (NII). Diakuinya, dirinya pernah didatangi 15 mahasiswa yang akan mendirikan NII.

"Saya jadi bingung dan bertanya pada mereka. Untuk apa membangun NII, wong agama kita sudah Islam. Yang penting kan hati kita, wadah itu apa gunanya jika dalam pelaksanannya sudah tidak sejalan dengan agama Islam," terangnya.

Untuk itulah, Untung berharap setiap elemen masyarakat, utamanya alim ulama untuk bisa mengajak masyarakat agar memahami akhlak yang baik. "Semuanya harus bisa bertanggung jawab pada lingkungan sekitar," pungkasnya. [beritajatim/mvi]

Tidak ada komentar: