BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 09 Mei 2011

KPK Tak Akan Langsung Percaya Perubahan Pengakuan Rosa

Fajar Pratama - detikNews

 Jakarta - Kuasa hukum Mindo Rosalina Manulang, Djufri Taufik menyebut ada sejumlah perbaikan pengakuan kliennya pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP). KPK tidak akan langsung percaya pada pengakuan Rosa yang baru karena lembaga antikorupsi ini memiliki pertimbangan sendiri.

"Terkait BAP itu, ada mekanismenya. KPK bisa menganalisis dan memiliki pertimbangan sendiri," tutur jubir KPK, Johan Budi SP, saat dihubungi, Senin (9/5/2011) siang.

Menurut Johan, BAP dibuat beberapa kali, dan BAP terbaru sifatnya menggantikan BAP yang lama untuk konten yang sama. Meski begitu, penyidik KPK akan melihat proses pengakuan tersangka di BAP.

"Tidak terus yang baru yang jadi acuan. Ada pertimbangannya sendiri," papar Johan.

Sebelumnya, Djufri mengatakan, dalam BAP tanggal 29 April 2011, sama sekali tidak ada pengakuan dari Rosa mengenai Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin sebagai atasannya. Djufri juga mengakui pada BAP tersebut terdapat perbaikan dari BAP sebelumnya.

Sedangkan mantan kuasa hukum Rosa, Kamarudin Simanjuntak mengatakan Rosa mengaku disuruh oleh atasannya, Nazaruddin pada pertemuan di ruang Sesmenpora Wafid Muharam pada (21/4) lalu. Pengakuan itu, lanjut Kamarudin, dicatat dalam BAP pada 27 April 2011.

Tidak ada komentar: