BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 20 Mei 2011

Mbah Rono Sambangi KPK

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Geologi (PVMBG) yang akrab disapa Mbah Rono, menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangannya ke KPK untuk melaporkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).
"Ke sini untuk lapor LHKPN saja," ujar Mbah Rono dengan singkat, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/5/2011). Mbah Rono mengaku sudah beberapa kali melaporkan kekayaannya ke KPK. Namun dia tidak mengetahui secara pasti laporannya kali ini untuk yang ke berapa kalinya.
"Ya sering, dua tahunan biasanya. Tapi kalau ini yang ke berapa saya lupa," terang Mbah Rono yang mengenakan kemeja warna putih itu.
Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan, panggilan Mbah Rono yang disandangnya bukan karena kebetulan semata. Orang yang pertama kali memanggilnya dengan nama Mbah Rono adalah Ibu Ani Yudhoyono, sang Ibu Negara.
Menurut Surono, saat itu Bu Ani bercanda menyebutnya Mbah Rono karena dianggap paling tahu soal aktivitas gunung berapi. Pada 2006 lalu, nama Mbah Maridjan muncul di media seiring dengan aktivitas Merapi.
"Nah setelah itu kan Gunung Kelud juga ada aktivitas, terus di sana kan ada Mbah Ronggo. Nah untuk membedakan saya dengan mbah-mbah itu, saya dipanggil Mbah Rono oleh Ibu Ani," kenang doktor jebolan Universitas Savoei, Prancis ini. [mdr]

Tidak ada komentar: