BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 20 Mei 2011

Menbudpar Luncurkan Kereta Bermotif Singa Barong & Langlang Jagad

Fajar Pratama - detikNews

Jakarta - Pagi ini Menteri Budaya dan Pariwisata Jero Wacik meluncurkan kereta bermotif batik di Stasiun Gambir. Kereta motif batik sebagai salah satu wujud dukungan dan kepedulian terhadap branding pariwisata Wonderful Indonesia khususnya wonderful culture.

"Hari ini Hari Kebangkitan Nasional. Saya bangga kereta api melakukan ini. Dengan motif batik ini, masyarakat yang dilalui atau yang menumpang akan merasa bangga," tutur Jero Wacik dalam sambutannya, di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2011) pagi.

Pada kesempatan ini dua kereta bermotif batik diresmikan oleh Jero Wacik, disaksikan oleh Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar, yang didampingi oleh Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan. Tampak juga para model perempuan yang mengenakan pakaian daerah.

Adapun dua kereta bermotif batik tersebut adalah pada KA Argo Jati (Jakarta-Cirebon pp) dan KA Argo Lawu (Jakarta-Solo pp).

KA Argo Jati yang bermotif batik "Singa Barong" sebagai simbol persahabatan antar bangsa. Dengan motif singa barong diharapkan kereta api menjadi sarana transportasi yang dapat melayani semua kalangan dan dapat memberikan rasa aman, nyaman, menyenangkan, berkesan dan ramah lingkungan.

Sedangkan KA Argo Lawu (Jakarta-Solo pp) bermotif batik "Langlang Jagad" disimbolkan dengan tiga kekuatan hewan sakti yaitu Garuda merupakan hewan yang dapat terbang cepat dan berpenglihatan tajam; Sancaka dan Taksaka merupakan ular naga sakti yang selalu melindungi penunggangnya dari segala marabahaya; Sembrani dan Turangga merupakan kuda bersayap sebagai kendaraan para raja yang dapat melaju cepat dalam berbagai cuaca.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Ignasius Jonan mengatakan bahwa kreasi kereta bermotif batik ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan, selain itu kereta api juga memiliki potensi untuk ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia 2011 terkait branding wonderful Indonesia.

"Dan ini diharapkan dapat terjadi sinergi yang harmonis antar transportasi kereta api dan industri pariwisata Nusantara khususnya Jawa dan Sumatera," ujar Johan.
 

Tidak ada komentar: