BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 09 Mei 2011

Menhub: Insiden Merpati Karena Cuaca Jelek

Irwan Nugroho - detikNews

Jakarta - Menteri Perhubungan, Freddy Numberi angkat bicara soal penyebab jatuhnya Pesawat Merpati di Kaimana, Papua Barat. Freddy menyebut cuaca buruk sebagai penyebab kecelakaan.

"Yang lain (pesawat sejenis) tetap terbang. Cuma kebetulan kaitannya ini cuaca jelek. Kalau bukan cuaca jelek jadi beda," kata Freddy di sela-sela acara penutupan KTT ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (8/5/2011).

Meski demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan audit terhadap kelayakan terbang pesawat MA 60 buatan Xian Aircraft, China. "Oh ya ada (audit). Segera kita lakukan investigasi. Karena pesawat masih baru dua bulan terus terjadi kecelakaan. Jadi kita harus melakukan investigasi," imbuhnya.

Namun dia membantah jika jatuhnya pesawat tersebut karena tidak mengantongi FAA AS. "Bukannya karena enggak ada sertifikasi," tutup Freddy seraya bergegas meninggalkan lokasi acara.

Pesawat MA 60 yang dioperasikan Merpati jatuh di Teluk Kaimana, Papua Barat, Sabtu (7/5). Pesawat mengangkut 19 penumpang dan 6 kru. Pesawat naas itu menghujam laut sekitar 500 meter dari landasan pacu Bandara Utarom, Kaimana. Semua penumpang dan kru pesawat tewas. Hingga saat ini sudah ada 20 korban yang telah ditemukan.

 

Tidak ada komentar: