BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 04 Mei 2011

Panitia Seleksi Pimpinan KPK Segera Dibentuk

Menkopolkam akan menyerahkan ke Presiden sejumlah nama untuk mengisinya.

VIVAnews - Masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berakhir Desember 2011 nanti. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan nama-nama panitia seleksi pimpinan KPK. "Sudah saya laporkan ke Menkopolhukam," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Patrialis Akbar, di Istana Presiden, Rabu 5 April 2011.

Patrialis mengatakan, nama-nama panitia seleksi tersebut akan diteruskan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto ke Presiden SBY. "Sekitar 15 sampai 16 orang," kata Patrialis.

Selanjutnya, panitia tersebut akan bekerja sampai 29 Desember 2011. Dia menambahkan, selambatnya bulan Juni 2011 panitia sudah mulai bekerja untuk proses seleksi pimpinan KPK.

Menurut mantan anggota komisi hukum DPR ini, panitia seleksi berasal dari unsur masyarakat, akademisi, pemerintah KPK, Kepolisian, dan kejaksaan. Hanya saja, Patrialis enggan menyebut siapa saja panitia seleksi tersebut. "Nantilah, SK-nya belum keluar."

Panitia tersebut nantinya memilih lima orang pimpinan KPK. Patrialis menjelaskan, pimpinan KPK yang saat ini menjabat bisa mencalonkan diri kembali. "Tapi tetap prosedurnya mendaftar kembali," ujar dia.

Pimpinan KPK yang terpilih ini nanti akan menggantikan Busyro Muqoddas, Chandra M Hamzah, Haryono Umar, Bibit Samad Rianto, dan M Jassin. Busyro sendiri menggantikan posisi Antasari Azhar sebagai ketua KPK. Masa jabatan Busyro sempat menjadi perdebatan, akhirnya mantan ketua Komisi Yudisial ini hanya menjabat satu tahun sebagai ketua KPK.

Tidak ada komentar: