Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) akan mengalihkan sementara beberapa jalur kendaraan saat pertemuan kepala negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, 7-8 Mei 2011.

"Pada saatnya nanti ada penutupan arus lalulintas selama 26 menit," kata Kepala Polda (Kapolda) Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Sutarman di Jakarta, Rabu.

Sutarman mengatakan petugas kepolisian lalulintas juga akan mengalihakan ruas jalan yang menuju lokasi pertemuan di Balai Sidang Jakarta, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jenderal polisi bintang dua itu, menuturkan petugas akan melarang kendaraan barang dari arah Tomang maupun Cawang masuk ke jalur Cawang-Semanggi selama pertemuan kepala negara pada KTT ASEAN ke-8 sejak 7-8 Mei 2011.

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan sementara jalur kendaraan di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Balai Sidang Jakarta Senayan, Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Royke Lumowa menyebutkan pihaknya akan mengerahkan pasukan pengawal sebanyak sembilan unit untuk setiap kepala negara.

Jumlah kepala negara mencapai 13 orang sehingga jumlah rombongan mencapai 130 unit kendaraan.

Pengawalan dilakukan sejak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma, serta tempat penginapan hingga lokasi pertemuan.

Tempat penginapan yang digunakan yakni Hotel Hyatt, Hotel Indonesia-Kempinski, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Four Season, Hotel Mulia, Hotel Shangri-la, Hotel Ritz Carlton, dan Hotel JW Marriot