Jakarta (ANTARA News) - Polri mengerahkan sekitar 4.385 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Tenggara (KTT ASEAN) pada 4 hingga 8 Mei 2011 di Jakarta Hall Convention Center (JHCC).

"Personel pengamanan sudah bertugas pada Selasa (3/5) karena ada pertemuan tingkat menteri," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sujarno saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin.

Sujarno mengatakan, Polri memiliki tugas pengamanan pada sektor (ring) II dan III, sedangkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bertanggung jawab terhadap pengamanan utama atau ring I.

Polda Metro Jaya yang menjadi bagian tim pengamanan KTT ASEAN akan mengerahkan anggota Lalulintas, Intelijen dan Keamanan (Intelkam) dan Brigade Mobil (Brimob).

Sujarno menjelaskan, Polda Metro Jaya mendapatkan jadwal para menteri negara ASEAN akan tiba di Jakarta, mulai Selasa.

Kemudian pertemuan tingkat menteri hingga puncak acara berlangsung mulai 4-8 Maret 2011.

Selain mengamankan tempat pertemuan, Paspampres bersama Polri akan menjaga bandar udara dan hotel yang menjadi tempat penginapan pejabat dan petinggi negara.

Sebelumnya, Kepala Polda (Kapolda) Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Sutarman mengungkapkan pihaknya menetapkan status siaga satu keamanan pada peringatan Hari Buruh Internasional dan pertemuan KTT ASEAN.

Namun demikian, Sutarman mengungkapkan Polda Metro Jaya siap mengamankan situasi keamanan secara optimal di wilayah Jakarta dan sekitarnya.