Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan pengamanan kepulangan para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang usai mengikuti, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN di Balai Sidang Jakarta tanggal 7-8 Mei 2011.

"Kami siap melakukan pengamanan para pemimpin negara ASEAN yang hari ini ada tujuh negara yang akan kembali ke negaranya mulai pukul 16.00 WIB," kata Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, di Jakarta, Minggu.

Kombes Sujarno mengatakan, ada enam kepala negara dan kepala pemerintahan serta menteri senior ada yang langsung berangkat dari Balai Sidang Jakarta menuju bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno- Hatta, tapi ada juga yang mampir dulu ke tempat penginapan.

"Sementara itu, pada hari Senin (9/5) ada tiga kepala pemerintahan dan kepala negara yang akan pulang ke negaranya yakni Myanmar, Laos dan Brunei Darussalam," katanya.

Pimpinan negara yang datang pada KTT ASEAN ke-18 adalah Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah Mu`izzaddin Waddaulah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Laos Thongsing Thammavong, Perdana Menteri Malaysia Dato` Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Myanmar Thein Sein, Presiden Filipina Benigno S. Aquino III, Menteri Senior Singapura S. Jayakumar yang mewakili Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung.

Polda Metro Jaya mengerahkan pasukan pengawal sebanyak sembilan unit untuk setiap kepala negara atau kepala pemerintahan serta menteri senior.

Jumlah pejabat senior mencapai 13 orang sehingga jumlah rombongan mencapai 130 unit kendaraan.

Sebanyak 7.000 personel dari kepolisian dan TNI disiagakan untuk pengamanan pelaksanaan KTT ASEAN.

Jalan-jalan sebagai rute kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi KTT ASEAN yaitu dari bandara Soekarno-Hatta - hotel - Balai Sidang Jakarta.

Delapan hotel tempat menginap kepala negara ASEAN dan delegasi yaitu Hotel Indonesia Kempinski, Hotel Grand Hyatt, Hotel Mandarin, Hotel Four Season, Hotel Shangri-la, Hotel Mulia Senayan, Hotel Ritz-Carlton, dan Hotel JW Marriot.

Polri pada KTT ASEAN ke-18 mengerahkan sekitar 4.385 personel guna mengamankan acara ini.