BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 05 Mei 2011

RI Dukung Timor Leste ke ASEAN Sebelum 2015

Timor Leste adalah bagian dari Asia Tenggara, kata Menlu Indonesia, Marty Natalegawa

VIVAnews - Indonesia mendukung Timor Leste menjadi anggota baru Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Penerimaan Timor Leste diharapkan bisa terwujud sebelum 2015, yang menjadi target terbentuknya Komunitas ASEAN.

Harapan Indonesia itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa usai pertemuan dengan tamunya dari Timor Leste, Menlu Zacaria Albano de Costa, Jumat 4 Maret 2011. Walau belum ada kesepakatan resmi dari seluruh anggota ASEAN, yang berjumlah sepuluh negara, Indonesia sudah menegaskan dukungan bagi Timor Leste untuk jadi anggota baru.

Menurut Natalegawa, Timor Leste juga bagian dari Asia Tenggara. Selain itu, semua perkembangan di Asia Tenggara juga akan terkait dengan Timor Leste.

"Secara geografis, Timor Leste adalah bagian dari Asia Tenggara. Secara geopolitik, geo ekonomi, sosio kultural, masa depan Timor Leste akan terkait dengan masa depan ASEAN pada umumnya," ujar Natalegawa.

"Sebelum 2015, Indonesia berharap Timor Leste menjadi bagian dari upaya membentuk Komunitas ASEAN," lanjut Natalegawa, yang mewakili Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun ini.

Pada 2015, menurut Natalegawa, integrasi semua negara di Asia Tenggara, baik di bidang ekonomi, keamanan, dan sosial-budaya, akan menjadi lebih erat dengan dibentuknya Komunitas ASEAN. (umi)

Tidak ada komentar: