Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menetapkan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sebagai rumah sakit utama untuk memberikan pelayanan kesehatan selama pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta.

"Panitia sudah menyiapkan RS Gatot Subroto sebagai principal hospitalnya," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo setelah mengikuti rapat di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, untuk mempersiapkan pelaksanaan KTT ASEAN.

Meski demikian, Fauzi Bowo memastikan rumah sakit lainnya tetap akan beroperasi. Pelayanan kesehatan tetap bisa dilaksanakan di sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Dia menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pertemuan para pemimpin negara Asia Tenggara itu.

"Kita sebagai elemen pendukung saja, panitia yang sepenuhnya bertanggungjawab, semua kekuatan dari DKI yang dibutuhkan sudah saya perbantukan," katanya.

Para delegasi negara anggota ASEAN akan mulai berdatangan ke Indonesia pada 4 Mei 2011. Mereka akan mengikuti sejumlah pertemuan pejabat tinggi dan pertemuan tingkat menteri ASEAN.

KTT ASEAN sendiri akan dilaksanakan pada 7-8 Mei 2011 dan akan dihadiri oleh kepala negara/pemerintahan negara-negara anggota ASEAN.

TNI mengerahkan ribuan personilnya untuk mengamankan pelaksanaan konferensi tingkat tinggi itu. Ribuan personel TNI yang tergabung dalam Komando Operasi Pengamanan KTT ke-18 ASEAN itu melakukan gelar kesiapan dipimpin Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Silang Monas, Jakarta, Minggu (1/5).

Komando Operasi Pengamanan KTT ke-18 ASEAN TNI terdiri atas Satuan Tugas Pengamanan VVIP, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Laut, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Udara, Satuan Tugas Pengamanan Operasi Udara, Satuan Tugas Khusus Antiteror, Satgas Intel, Puspen TNI, Komlek TNI dan unsur Polri.

ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara beranggotaan 10 negara yakni Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Kamboja.