BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 21 Mei 2011

Tifatul: Situs Terorisme Akan Diblokir

Kominfo juga meminta bantuan masyarakat untuk mendeteksi situs-situs terorisme.

VIVAnews – Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyatakan, kementeriannya akan melakukan upaya intensif untuk memblokir situs-situs berbau terorisme. Upaya ini dilakukan terkait pembobolan situs Polri beberapa waktu lalu, yang oleh peretas dijadikan sebagai sarana jihad.

“Kita akan memblokir situs-situs terorisme,” kata Tifatul saat menghadiri Pekan Informasi Nasional di Solo, Sabtu 21 Mei 2011. Situs-situs yang diblokir itu, kata dia, antara lain yang berisi hasutan, agitasi, provokasi, kebencian, dan tindak SARA. “Semua situs sejenis itu akan kami tindak tegas,” tandasnya.

Tifatul juga meminta bantuan masyarakat untuk mendeteksi keberadaan situs-situs semacam itu. Ia meminta masyarakat melaporkan kepada pihak berwenang apabila mengetahui eksistensi situs-situs tersebut. Menurutnya, Kominfo tidak dapat bekerja sendiri untuk memblokir situs-situs itu.

“Situs-situs yang beredar di internet berjumlah sekitar 4 miliar. Kami tidak bisa menanganinya sendiri tanpa bantuan masyarakat,” jelas Tifatul. Ia menekankan, kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan untuk mencegah upaya-upaya terorisme di tanah air.

Namun mantan Presiden PKS itu belum bisa memberikan penjelasan rinci mengenai software yang akan digunakan Kominfo untuk memblokir situs-situs terorisme. Kominfo juga belum bisa menyediakan software penangkal situs terorisme untuk umum.

Tidak ada komentar: