BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 03 Mei 2011

TNI Kawal Kapal MV Sinar Kudus ke Belanda

Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Agar Kapal MV Sinar Kudus tidak disandera lagi oleh perompak, TNI menempatkan pasukannya di dalam kapal untuk mengawal hingga tujuan akhir ke Rotterdam, Belanda. Pasukan yang ditugaskan mengawal adalah pasukan elite.

"Itu akan dikawal oleh prajurit TNI yang on board," ujar Menko Polhukam Djoko Suyanto di sela-sela acara Bakorkamla di Grand Sahid, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2011).

Djoko mengatakan, saat ini kapal MV Sinar Kudus telah diperbaiki di Wasalala, Oman. Selain diperbaiki, ABK yang lama juga diganti dengan ABK yang baru. Untuk selanjutnya, kapal akan menuju Rotterdam, Belanda sebagai tujuan akhir.

Dalam kesempatan itu, Djoko juga menjelaskan jika TNI akan membuka kerjasama dengan Persatuan Pelaut Indonesia dan maskapai pelayaran, terkait pengawalan laut ke luar negeri.

"Selama ini antara maskapai pelayaran atau Persatuan Pelaut Indonesia belum pernah ada perjanjian bersama antara maskapai dan TNI atau Bakorkamla. Ini kan perjalanan sangat jauh ke Eropa melalui laut, peluang untuk memberi pengawalan pada kapal," terangnya.

Jika kerjasama ini disetujui, TNI akan menempatkan personelnya di kapal yang akan berlayar ke luar negeri, utamanya kapal yang melewati rawan perompak.

"Artinya prajurit TNI ditempatkan di kapal itu untuk mengawal. Nanti disusun bersama antara Persatuan Pelaut dengan Mabes TNI. Ini bisa saja dilakukan. Panglima TNI sudah membuka kemungkinan," papar Djoko.

Tidak ada komentar: