BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 03 Mei 2011

Waspadai Jebakan Video Osama di Facebook

Rachmatunisa - detikinet

Jakarta - Sebuah laporan menyebutkan, di Facebook tengah beredar luas link video yang diklaim menampilkan kematian Osama bin Laden. Hati-hati, ini adalah jebakan.

Dengan mengkliknya, pengguna akan dibawa ke sebuah halaman Facebook yang mendorong mereka untuk mengklik 'like' dan 'share' sebuah link video Osama dengan semua teman Facebook. 

Namun setelah mengkliknya, pengguna tidak mendapatkan video seperti yang dijanjikan, melainkan hanya membantu si scammer menyebarkan link ini ke seluruh pengguna Facebook. Pengguna malah harus mengikuti serangkaian survei yang harus diselesaikan sebelum melangkah ke step berikutnya.

Firma keamanan Sophos yang melaporkan scam ini menyebutkan, scammer akan mendapatkan uang setiap kali seorang pengguna selesai melengkapi survei. Itu sebabnya, mereka ingin agar pengguna yang menjadi korban membagi link video ini ke sebanyak-banyaknya orang.

"Pengguna komputer harus mewaspadai bentuk scam yang berhubungan dengan poemberitaan Osama Bin Laden. Tidak hanya di Facebook tetapi media internet lainnya juga," imbau Sophos seperti dikutip detikINET dari Naked Security, Selasa (3/5/2011).

Ditambahkan Sophos, sebuah pemberitaan yang tengah heboh dan dicari banyak orang memang kerap didomplengi spammer atau hacker untuk mengancam keamanan para penggguna internet.

Pantauan detikINET, Facebook Indonesia agaknya belum ramai jenis scam ini. Namun mengingat begitu cepatnya penyebaran scam melalui internet, ada baiknya Anda mewaspadainya juga.

 

Tidak ada komentar: