BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 20 Mei 2011

Yusril Yakin Kejagung Politisasi Sisminbakum

NILAH.COM, Jakarta - Mantan Menteri Kehakiman, Yusril Ihza Mahendra yakin kasus korupsi Sisminbakum yang menyeretnya menjadi tersangka sekarang dipolitisasi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Yusril melalui juru bicaranya, Jurhum Lantong menduga, politisasi tidak lain dilakukan oleh internal Kejagung sendiri sebagai lembaga penegak hukum yang menangani perkara itu. "Saya menduga Sisminbakum itu dipolitisasi oleh orang dalam Kejagung sendiri," ujar Jurhum kepada wartawan, Jumat (20/5/2011).

Pernyataan itu menanggapi langkah Pelaksana Harian Kapuspenkum Kejagung Fietra Sany yang beberapa waktu lalu menegaskan akan proaktif terkait perpanjangan cekal Yusril Izha Mahendra yang akan habis pada 25 Juni mendatang. Juga terkait soal PK putusan bebas Romly Atmasasmita.

Langkah itu justru menimbulkan pertanyaan mengapa Kejagung seolah begitu agresif menyikapi Sisminbakum. Dia menduga, seperti ada upaya pemaksaan agar kasus itu dimejahijaukan. "Tidak ada gunanya meneruskan kasus ini, kecuali Kejagung ingin dianggap masyarakat ikut bermain politik dalam kasus ini," kata Jurhum. [tjs]

Tidak ada komentar: