BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 14 Juni 2011

Ini Dia 2 Calon Bos Baru IMF

Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - International Monetary Fund (IMF) telah resmi mengumumkan dua kandidat calon managing director barunya pengganti Dominique Strauss-Kahn yang tersandung skandal percobaan pemerkosaan. Siapakah dua kandidat ini?

Dalam pengumumannya yang dikutip dari AFP, Selasa (14/6/2011), IMF menyatakan ada dua calon yang masuk daftar yaitu Christine Lagarde dari Perancis dan Agustin Carstens dari Meksiko.

IMF mengatakan, 24 anggotanya berencana untuk menemui kedua calon tersebut untuk mengkaji kualifikasi mereka sebelum pengambilan keputusan pada 30 Juni nanti.

Christine Lagarde merupakan Menteri Keuangan Perancis berusia 55 tahun. Lagarde sejauh ini telah melakukan berbagai kunjungan untuk mendapatkan dukungan seperti China dan India. Dari Indonesia, Menteri Keuangan Agus Martowardojo secara terang-terangan juga menyatakan dukungannya pada Lagarde.

Dalam pertarungan menuju kursi no. 1 di IMF, Lagarde akan ditantang oleh Stanley Fischer. Namun ternyata nama yang muncul justru Agustin Carstens yang merupakan Gubernur Bank Sentral Meksiko berusia 53 tahun.

Dikatakan, Carstens memiliki pengalaman yang kuat di IMF karena pernah menjabat sebagai Deputi Direktur IMF pada 2003-2008. Dia pernah membantu IMF membuat program penyelamatan negara-negara sehingga bisa keluar dari krisis. Nama Carstens mencuat di tengah suara-suara yang meminta adanya reformasi dalam penunjukkan posisi tertinggi di IMF.

Seperti diketahui, posisi Managing Director IMF saat ini dijabat sementara oleh Deputi Managing Director IMF, John Lipsky menyusul pengunduran diri Strauss-Kahn karena tersandung kasus percobaan pemerkosaan seorang wanita pelayan hotel di New York.

Wakil Eropa sudah memimpin IMF sejak pembentukannya pada 1945, dan selama ini selalu dijabat oleh pria. Jika terpilih, Lagarde akan menjadi Direktur Pelaksana IMF wanita pertama. Proses pemilihan rencananya akan digelar 30 Juni 2011. 

Tidak ada komentar: