Mamuju (ANTARA News)- Pegawai Negeri Sipil di Provinsi Sulawesi Barat diminta untuk terus memaknai nilai nilai yang terkandung dalam dasar negara yakni Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

"Maknai nilai nilai luhur yang terkandung dalam dasar negara kita Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, nilai nilai luhur yang terkandung dalam dasar negara Pancasila maupun UUD 1945, sepertinya sudah mulai luntur dimaknai seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi pegawai negeri sipil (PNS).

Sehingga kata dia, dalam melaksanakan tugasnya, masih belum sesuai harapan, karena masyarakat merasa belum terlayani maksimal dan masyarakat selalu mengeluh atas pelayanan pemerintahan.

Oleh karena itu ia menyampaikan himbauannya kepada seluruh jajaran PNS di Provinsi Sulbar maupun yang ada di lima Kabupaten di Sulbar agar meningkatkan rasa pemaknaannya terhadap nilai nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 itu, dalam melaksanakan tugasnya.

"Kalau nilai luhur ancasila dan UUD 1945 dijalankan maka insya allah tujuan kesejahteraan masyarakat akan dicapai dan masyarakat merasa terlayani oleh pemerintah di Provinsi ini, masyarakat tidak akan mengeluh karena pemerintahnya akan mencerminkan nilai keadilan dalam memberikan pelayanan seperti yang tercermin dalam nilai luhur Pancasila," katanya.

Menurut dia, dengan nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 maka PNS akan bekerja secara disiplin dan tetap tunduk pada sapta prasetya korp pegawai negeri sipil (Korpri) sehingga akan lebih memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Berikan pelayanan tulus dan iklas kepada masyarakat, karena dengan ketulusan dan keikhlasan itu maka masyarakat juga akan merasakan pelayanan pembangunan, masyarakat akan merasakan dampak lansung dari pembangunan itu," katanya.

Ia berharap PNS dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan terindah bagi masyarakat demi pembangunan di Sulbar pada masa yang akan datang.

"Pemerintah yang besar adalah pemerintah yang telah memberikan segala pengabdiannya kepada masyarakat, karena kita semua ada karena rakyat, mari bersama bersatu padu membangun provinsi Sulbar yang kita cintai ini," katanya.  (MFH/K004)