BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 13 Juni 2011

Kiat Menghemat BBM

RMOL.Ada beberapa cara menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda. Pertama, segera pindah gigi pertama ke gigi berikutnya. Pasalnya, mesin mobil butuh bahan bakar paling banyak ketika gigi pertama digerakkan. Setelah mobil bergerak, segeralah beralih ke gigi berikutnya.
Kedua, hindari percepatan dan pengereman yang tidak perlu. Di dalam kota, pertahankan kecepatan konstan antara 50-60 km/jam atau lebih rendah untuk menghindari pengereman dan percepatan tiba-tiba.
Mengerem dan menginjak gas secara mendadak juga dapat menyebabkan penurunan kinerja mobil. Agar bahan bakar lebih hemat, lakukan pengereman dan menambah kecepatan secara bertahap. Ketiga, melaju pada kecepatan rata-rata akan menghemat bahan bakar dalam jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan, mobil yang dikemudikan rata-rata 60 km/jam dapat menghemat konsumsi bahan bakar sekitar 5-10 persen. Kecepatan tinggi berarti lebih banyak power dibutuhkan dan itu berarti mesin harus bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.
Keempat, hindari mesin tetap menyala saat kemacetan lalu lintas. Membiarkan mesin menyala dalam waktu lama akan mempengaruhi kinerjanya. Perlu dicatat bahwa banyak bahan bakar yang terbuang pada situasi tersebut.
Diperkirakan, setidaknya 10 persen dari bahan bakar dapat dihemat ketika mobil dimatikan saat kemacetan lalu lintas. Khusus mobil hibrida, ada keuntungan tersendiri. Mobil hibrida didesain untuk dapat beralih ke tenaga listrik saat kemacetan terjadi sehingga menghemat bahan bakar.
Kelima, gunakan AC hanya bila diperlukan. AC dikenal mengkonsumsi bahan bakar sebanyak yang diperlukan untuk menjalankan mobil.Solusi sempurna saat menjalankan AC adalah mematikan ketika suhu kabin telah dingin. Anda selalu dapat menyalakan AC lagi saat mulai merasa gerah.
Keenam, memastikan ban mobil memiliki tekanan cukup (tidak kempes). Pasalnya, ban kempes akan menurunkan efisiensi bahan bakar dan mempersulit pengendalian mobil. Ketujuh, pastikan bahwa mobil memiliki tingkat aerodinamis yang baik. Lepas semua aksesoris eksterior yang tidak diperlukan yang dapat menghambat laju mobil atau menurunkan tingkat aerodinamis. Aksesoris seperti rel atap dapat menyebabkan resistensi sehingga mobil mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. [RM]

Tidak ada komentar: