BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 16 Juni 2011

Wiranto: Hanura Pilih 3% Parliamentary Threshold

Egir Rivki - detikNews

Jakarta - Wacana batasan parliamentary threshold (PT) terus menjadi gunjingan hangat di kalangan politisi dengan argumennya masing-masing. Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, menilai PT 3 persen adalah angka ideal.

"Menurut saya sebenarnya angka 5, 4, 3 ini tidak jelas. Kalau kita memang ingin menyederhanakan partai politik kenapa tidak sekalian 30 partai aja, itu kan hanya satu egoisme partai politik saja," ucap Wiranto.

Hal tersebut dikemukakannya usai menghadiri Silaturahim Tokoh Nasional di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2011).

Lebih lanjut Wiranto menjelaskan angka 3 persen ini bisa mewakili aspirasi partai politik yang mayoritas sedang berusaha untuk maju gan berkembang. "Partai Hanura mengambil angka moderat 3. Kenapa? Karena bisa mewadahi semua aspirasi partai politik yang kebanyakan sedang melakukan proses perjuangan ke depan," ujar pasangan JK di Pilpres 2009 ini.

Wiranto berpendapat menyerderhanakan Parpol tidak perlu mekanisme yang rumit. Cukup buat persyaratan khusus dan ketat.

"Cukup diberikan persyaratan khusus dan ketat, bukan dengan cara tawar menawar parliamentary threshold yang alot," tutup Wiranto.

Tidak ada komentar: