BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 07 Juni 2013

BI Mewaspadai Pasar Terkait APBNP dan Inflasi

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan bank sentral akan terus mewaspadai kondisi pasar terkait dengan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 beserta dampak yang ditimbulkan yaitu naiknya inflasi.
"BI akan senantiasa mengikuti dan mejaga dalam bentuk bauran kebijakan," ucapnya usai Sholat Jumat di Masjid BI Jakarta, Jumat 7 Juni 2013.
Ia menuturkan bauran kebijakan yang dikeluarkan tersebut termasuk macro prudential, bunga, ataupun likuiditas. "BI rate atau yang lain kami akan gunakan semuanya," kata Agus.
Namun Agus masih enggan untuk menjawab apakah BI rate pada pekan depan akan dinaikkan atau tidak. "Kami akan merespons kalau seandainya diperlukan," ujarnya.
Bank sentral, lanjut Agus, saat ini masih menunggu hasil pembahasan terkait dengan APBNP 2013 untuk kemudian baru akan melakukan penyesuaian dari kenaikan harga BBM setelah diputuskan pada 17 juni nanti. "Jangan sampai kami bereaksi sebelum itu dilakukan," ujarnya.
Adapun untuk inflasi, Agus menilai bulan mei inflasi yang terjadi cukup baik karena terbantukan dengan adanya deflasi. "Kami mempersiapkan bersama dengan pemerintah dan pemerintah daerah supaya bulan juni inflasi dapat betul-betul terjaga," kata dia.
Mengingat menjelang kenaikan BBM pada pertengahan bulan serta bertepatan memasuki bulan ramadhan dan hari raya lebaran.

Tidak ada komentar: