BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 17 Juni 2013

Ini Peta Kekuatan di DPR Setelah Gerindra Berubah Sikap Soal BBM

Ahmad Toriq - detikNews

 Jakarta - Rapat paripurna DPR soal pengesahan APBN-P 2013 deadlock dan akan diselesaikan lewat jalur voting. Partai Gerindra mengubah sikap di tengah jalan, apakah akan mempengaruhi hasil voting?

Sebelumnya Gerindra menyerahkan rencana kenaikan harga BBM kepada pemerintah dan menyetujui rancangan APBN-P 2013 dengan catatan. Namun karena Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto tak puas dengan postur APBN-P 2013, kemudian berbalik arah ke kubu oposisi.

Namun perubahan sikap Gerindra tak akan berpengaruh banyak pada hasil voting. Gabungan Fraksi PDIP, PKS, Hanura, dan Gerindra yang menolak rencana kenaikan harga BBM tetap tak akan bisa menandingi kedigdayaan fraksi-fraksi koalisi.

Gabungan fraksi koalisi akan menghasilkan 366 suara. Detailnya, dengan asumsi seluruh anggota DPR ikut voting, Partai Demokrat memiliki 148 suara, Golkar 106, PAN 46, PPP 38, dan PKB 28.

Sedangkan gabungan fraksi yang menolak kenaikan harga BBM hanya akan menghasilkan 194 suara. Detailnya PDIP 94 suara, PKS 57, Gerindra 26, dan Hanura 17.

Tidak ada komentar: