BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 09 Juni 2013

Mahfud MD: Taufiq Kiemas Jangkar Pemersatu Bangsa

VIVAnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mengikuti prosesi pemakaman Ketua MPR RI Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu 9 Juni 2013. Mahfud mengatakan merasa kehilangan Taufiq.

“Saya hormat kepada Beliau. Ia jangkar pemersatu bangsa. Itu yang dilakukan Pak Taufiq dalam praktik politik sehari-hari,” kata Mahfud di TMP Kalibata. 

Mahfud mengatakan ketokohan Taufiq Kiemas teruji sejak awal karir politiknya sampai ia menjadi pemimpin lembaga tinggi negara, Majelis Permusyawaratan Rakyat. “Saat Orde Baru, ia distigmatisasi sebagai orang yang bermasalah. Tapi ia gigih dan lolos, dan malah berhasil memimpin lembaga negara. Dia aktivis lapangan, politisi, dan berakhir jadi negarawan,” ujar Mahfud.

Sementara itu, Rieke Diah Pitaloka mengenang Taufiq Kiemas sebagai sosok yang berkarakter. “Siapapun yang pernah mengenal Beliau pasti terkesan. Ajaran Pak Taufiq yang selalu saya kenang, jangan berhenti memperjuangkan pluralisme, karena tidak akan ada penghargaan kepada hak asasi manusia apabila keragaman dimusnahkan,” kata anggota DPR itu.

Saat ini TMP Kalibata sudah dipenuhi oleh rekan dan kerabat Taufiq yang mengikuti prosesi pemakaman almarhum yang digelar secara militer dan dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Taufiq Kiemas meninggal dunia di Singapore General Hospital, Sabtu sore 8 Juni 2013, karena penyakit jantung yang sejak lama ia derita.

Tidak ada komentar: