Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pemerintah telah mengirimkan tim untuk menyelidiki insiden tergelincirnya pesawat milik maskapai Merpati Nusantara Airlines saat mendarat di Bandara El Tari, Kupang, Senin pagi.

"Sedang saya kirimkan tim investigasi, dari daerah juga sudah ada investigasi, KNKT juga akan melakukannya," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, sampai sekarang belum diketahui pasti penyebab tergelincirnya pesawat milik maskapai Merpati tersebut.

"Belum diketahui penyebabnya. Itu investigator yang nanti tahu, jangan saya, nanti saya salah ngomong lagi. Bisa karena mesin, human error (kesalahan manusia), bisa karena alat yang ada dalam rangka pengendalian. Semua bisa terjadi," katanya

Menurut dia, 46 penumpang dan empat awak pesawat yang tergelincir selamat, sebagian hanya mengalami cedera ringan.

"Saya kira yang penting kalau ada yang salah oke, tapi keselamatan pengguna jasa itu yang penting bagi saya," kata Mangindaan.

Sementara kondisi pesawat terlihat rusak pada bagian sayap dan roda.

Airport Duty Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari, Gabriel Lusi Keraf, mengatakan belum bisa menjelaskan penyebab kecelakaan pesawat yang terbang dari Ngada, Bajawa, tersebut.