BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 10 Juni 2013

Penertiban PKL di Jatinegara Dilakukan Berkala, Tanpa Ada Toleransi

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Meskipun berlangsung tanpa perlawanan, penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di kawasan Jatinegara tetap tidak mudah dilakukan. Demi menegakkan ketertiban, maka untuk selanjutnya tidak akan ada toleransi bagi PKL dan parkir liar.

"Mulai besok sudah tidak toleransi lagi. Yang parkir liar oleh Dishub akan digembok karena sudah dilakukan sosialisasi. Sementara pedagang kaki lima, barang dagangannya akan dibawa ke gudang Satpol PP Cakung," ujar Camat Jatinegara, Sofyan Taher saat ditemui di lokasi penertiban di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (10/6/2013).

Penertiban semacam ini akan terus dilakukan oleh Pemkot Jaktim hingga kawasan Jatinegara benar-benar bebas PKL dan parkir liar. Penertiban akan dilakukan secara berkala setiap harinya dari pukul 10.00 WIB dan pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, Sofyan mengaku memaklumi para pedagang tersebut yang berniat mencari makan. Tapi dirinya berharap hal tersebut bisa dilakukan secara baik-baik dan sesuai aturan yang berlaku.

"Kami menghimbau bisa mencari makan di tempat yang disesuaikan, yang tidak mengganggu akses jalan," tuturnya.

Menurutnya, ketika sudah ditertibkan terkadang para pedagang tersebut masih kembali berdagang di tempat yang lama. Hal ini tentu membutuhkan usah ekstra untuk membujuk mereka kembali.

"Mau nggak mau kita kuat-kuatan dengan mereka, saking sulit ditertibkan," imbuhnya.

Bahkan sebagai tindakan pencegahan, pihaknya telah meminta bantuan petugas PLN setempat untuk memotong arus listrik yang berada di sekitar lokasi tersebut. "Sudah berkali-kali dipotong tetapi masih membandel. Sebagai tindakan preventif arus listrik tersebut sekarang dipotong," tandas Sofyan.

Tidak ada komentar: