BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 18 Juni 2013

Polda Lepas 85 Demonstran Yang Ditangkap Semalam

INILAH.COM, Jakarta - Pihak Polda Metro Jaya membebaskan 88 orang yang diamankan saat unjuk rasa penolakan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di depan Gedung DPR/ MPR pada Senin (17/6/2013) kemarin berakhir ricuh, karena pengunjuk rasa menolak untuk dibubarkan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, dari 88 orang itu ada 3 orang masih pelajar SMP yang sudah dibebaskan dilapangan dan sisanya dilepaskan juga dari Polda Metro Jaya.

"Itu kita pulangkan ke rumah masing-masing para mahasiswa dan pelajar SMA sebanyak 85 orang, kita sewakan dua bus dari sini untuk mengantarkan mereka pulang," katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/6/2013).

Rikwanto menjelaskan, para mahasiswa itu dilepaskan karena dari hasil pemeriksaan tidak ada unsur-unsur pidana yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. "Mereka diamankan karena waktu unjuk rasa sudah melebihi batas aturan kemarin, jadi diamankan saat pembubaran," jelasnya.

melanjutkan, pihaknya telah mengundang orang tua para mahasiswa yang diamankan supaya mengetahui apa yang diperbuat oleh anak-anaknya. "Setelah ini tidak ada wajib lapor dan sudah selesai pemeriksaan, kita harap demo ke depan tidak terjadi lagi pelanggaran," tandasnya.

Dari pantauan INILAH.COM, puluhan mahasiswa mengenakan almamater hijau dan biru turun keluar dari gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dengan didampingi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto dan Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Slamet Riyanto.

Begitu turun berjalan melingkahi anak tangga, para mahasiswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan tangan kiri mengepal ke atas menuju halaman Polda Metro Jaya untuk naik dua bus yang telah disediakan. Akhirnya, mahasiswa pun masuk bus diantar sampai kampus masing-masing.[bay]

Tidak ada komentar: