BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 07 Juni 2013

RI Pimpin Rencana Kerja Audit Lingkungan se-Dunia

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih sebagai ketua International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) Working Group on Environmental Auditing (WGEA) 2013-2016. Dengan terpilih sebagai ketua kelompok kerja audit lingkungan ini, BPK akan memimpin pembahasan rencana kerja audit lingkungan se-dunia.

"Mulai bulan Oktober 2013, BPK akan ditetapkan menjadi Ketua WGEA untuk periode 2013-2016 pada Pertemuan BPK se Dunia di Beijing," kata anggota BPK, Ali Masykur Musa di Tallin, Estonia, melalui pernyataan tertulis kepada VIVAnews, Kamis, 6 Juni 2013. 

BPK, menurut Ali Masykur, diminta memimpin pembahasan Rencana Kerja WGEA. Dalam sabutannya di forum itu, dia menyampaikan terima kasih kepada badan pemeriksa keuangan se-dunia atas dukunganya kepada BPK untuk memimpin organisasi ini sekaligus berkomitmen untuk menjalankan kepemimpinan dan meneruskan kebijakan periode sebelumnya.

Perlu diketahui, BPK adalah negara Asia yang pertama memimpin WGEA setelah Belanda, Kanada dan Estonia. Kepemimpinan Indonesia mempunyai nilai strategis karena saat ini seluruh negara di dunia sudah menerima akibat climate change dan global warming. Begitu juga dampak untuk dalam negeri berupa banjir, tanah longsor dan potensi tsunami.
"Kita harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelamatkan lingkungan Indonesia, misalnya dengan cara menanam kembali lahan gundul, mengerem laju deforestasi akibat tambang dan perkebunan," katanya.

Audit Lingkungan adalah audit mengenai tata ruang dan pengelolaan sumber daya alam demi meningkatkan kesejahteraan manusia. Ali Masykur Musa mengajak seluruh negara di dunia agar lebih berkomitmen menjaga lingkungan, sedangkan kepada seluruh SAI agar meningkatkan kualitas dan kuantitas pemeriksaan lingkungan. (ren)

Tidak ada komentar: