BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 11 April 2014

6 Poin Damai Suporter Persib dan Persija, Tak Berbuat yang Timbulkan Kebencian

Baban Gandapurnama - detikNews

Jakarta - Suporter Persib dan Persija akan segera berislah. Perseteruan panjang antarpendukung tersebut segera berakhir dengan menyepakati ikrar damai yang berisi enam poin.

Acara deklarasi damai bobotoh (sebutuan pendukung Persib) yang mayoritas berhimpun dalam Viking dan pendukung Persija yakni Jakmania itu digelar di Mapolres Bogor, Jumat (11/4/2014) siang.

"Rencananya ada enam poin isi ikrar perdamaian pendukung Persib dan Persija. Nantinya ditandatangani perwakilan kedua belah pihak," ucap Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Mapolres Bogor.

Pertemuan tersebut digagas Polda Jabar dan Polda Metro Jaya. Deklarasi damai berlangsung usai salat Jumat nanti.

Ini poin-poin deklarasi damai suporter Persib dan Persija:

1. Saling Menghormati antara suporter atau pendukung Persib Bandung dengan suporter atau pendukung Persija Jakarta untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kebencian, konflik fisik maupun tindakan anarkis lainnya dengan cara mengendalikan seluruh pendukung demi terwujudnya suasana kondusif dalam setiap pertandingan maupun diluar pertandingan sepak bola dimanapun lokasi pertandingan dilaksanakan di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

2. Menghentikan pertikaian antara suporter atau pendukung Persib Bandung dengan suporter atau pendukung Persija Jakarta setiap pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang berlangsung di wilayah Jawa Barat maupun di DKI Jakarta serta di wilayah lainnya.

3. Melaksanakan tugas secara bersama-sama antara ketua, koordinator lapangan dan suporter atau pendukung dengan aparat keamanan dalam pengamanan kegiatan pertandingan sepak bola anatara Persib Bandung dengan Persija Jakarta yang melibatkan pengerahan massa atau suporter dari kedua belah pihak.

4. Secara proaktif akan membantu aparat keamanan dalam memelihara dan menjaga keamanan serta ketertiban dengan mengoptimalkan koordinasi yang efektif antara suporter atau pendukung Persib Bandung dengan suporter atau pendukung Persija Jakarta terkait pertandingan sepak bola antara Persib dan Persija ataupun pertandingan kesebelasan lainnya serta kegiatan lainnya.

5. Dengan islah antara suporter atau pendukung Persib Bandung dengan suporter atau pendukung Persija Jakarta kita tingkatkan hubungan silaturahmi dan persaudaraan guna meraih prestasi sepak bola Indonesia.

6. Mentaati seluruh ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku , di antaranya mematuhi ketertiban berlalu lintas, apabila terjadi pelanggaran tindak pidana yang harus diselesaikan sesuai dengan prosedur hukum, tidak akan mencampuri atau mengintervensi yang dapat mengganggu proses penyidikan, penuntutan, dan persidangan.

Tidak ada komentar: