BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 09 April 2014

Di Hari Pemilu, Layanan Umum di Jakarta Beroperasi Seperti Biasa

VIVAnews - Pemilihan Umum Legislatif dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu, 9 April 2014. Dalam pesta demokrasi itu, seluruh rakyat Indonesia akan memilih langsung calon wakilnya yang diusung oleh 12 partai politik peserta Pemilu untuk duduk di kursi parlemen DPR, DPRD, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No 14 Tahun 2014, di hari pencoblosan, semua instansi, baik negeri maupun swasta diliburkan, tak terkecuali para pegawai di kantor pemerintahan di DKI Jakarta. 

Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga, mengatakan, di hari pencoblosan akan ada 70.536 pegawai negeri sipil dan 2.029 pegawai tidak tetap di Ibu Kota yang mendapatkan libur guna dapat menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara masing-masing. 

Meski demikian, kata Made, tidak semua pegawai pemerintahan diliburkan. PNS di sektor pelayanan diharuskan tetap bekerja. "Semua PNS libur kecuali pelayanan, termasuk petugas RS, puskesmas, damkar (pemadam kebakaran), samsat, satpol PP," ucap Made. 

Ia mengaku sudah memerintahkan para PNS yang tetap bekerja itu untuk berkoordinasi dengan RT-nya setempat agar tetap bisa menggunakan hak pilihnya. "Beker diatur bergilir sehingga bisa nyoblos dulu. Nanti mereka berkoordinasi dengan RT-nya," kata dia.

Kepada seluruh pegawai pemerintahan, Made mengimbau agar semuanya menggunakan hak pilih. "Semuanya diimbau untuk menggunakan hak pilih ya. Jangan golput," ucapnya. 

Dalam kesempatan yang sama ia juga memberikan pernyataan bahwa di tubuh pemerintahan DKI sama sekali tidak ada tuntutan dari siapapun untuk memilih partai atau caleg tertentu. "Ini tidak ada arahan khusus untuk memilih. Pemilu ini luber (langsung, umum, bebas, rahasia)," ujar dia.

KRL operasi seperti biasa
Operasional KRL tidak mengalami perubahan selama Pemilu. PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) memastikan tidak ada perubahan jadwal perjalanan kereta. 

"Sehubungan dengan agenda Pemilu pada 9 April 2014 yang ditetapkan sebagai hari libur nasional, bersama ini kami informasikan bahwa KRL Jabodetabek tetap beroperasi sesuai jadwal normal," kata Humas KCJ Eva Chairunisa. (eh)

Tidak ada komentar: