BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 13 April 2014

Dinas Pendidikan DIY: Tak Mungkin 100% Lulus UAN

VIVAnews - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis angka kelulusan ujian akhir nasional yang akan berlangsung Senin, 14 April 2014 meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau untuk target kelulusan tidak ada. Tapi, kami optimistis ada kenaikan angka kelulusan UAN dari tahun lalu," kata Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji kepada VIVAnews,Sabtu 12 April 2014.

Menurut dia, jika target sampe 100 persen jelas sangat tidak mungkin. "Ya, mana mungkin, kan bisa saja siswa yang akhirnya tidak ikut UAN. Yang penting semua siswa lulus dan ada kenaikan jumlah kelulusan," kata dia.

Sejak awal Januari, Disdikpora telah intensif melakukan pembekalan dan pelatihan kepada siswa peserta UAN bersama sekolah.

Untuk 2014, jumlah peserta UAN mencapai 42.000 dari tingkat SMA/MA dan SMK.

Pengamanan 24 jam
Hari ini Sabtu, ribuan soal UAN tingkat SMA/MA dan SMK di DIY telah dikirimkan ke 40 kelompok kerja (Pokja) di DIY. Pokja terdiri atas 33 untuk tingkat SMA/MA dan 17 Pokja SMK.

"Pengawalan cukup ketat, kami dibantu dari Polda DIY, perguruan tinggi. Untuk di Pokja, soal juga dijaga selama 24 jam sampai dibagikan ke sekolah pada Senin nanti," kata Baskara.

Ujian Nasional tingkat SMA/MA dan SMK serta ujian paket C akan dilaksanakan serentak mulai Senin-Kamis, 14-17 April 2014.

Disdikpora mendistribusikan naskah soal menggunakan 9 unit mobil dengan pengawalan sangat ketat. Sebelumya, selama dua hari terhitung mulai kedatangan naskah pada Kamis hingga Jumat, soal ujian tersimpan di gudang penyimpanan milik Disdikpora. "Kami jamin tidak ada kebocoran," kata Baskara.
Dalam penyelenggaraan UN kali ini, kata Aji, Disdikpora menerima anggaran dari Kemendikbud sebesar Rp4,03 miliar. Namun, hingga H-4 pelaksanaan UN, baru cair Rp200 juta.

"Akhirnya harus gotong royong dengan satuan pendidikan," katanya. (art)

Tidak ada komentar: