BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 09 April 2014

Layanan UGD RSUD dan Puskesmas Tetap Buka Hari Ini

Oleh: Wahyu Praditya Purnomo

INILAHCOM, Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat pada hari pencoblosan pemilihan umum legislatif, hari Rabu (9/4/2014) ini.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, pelayanan yang tetap diberikan kemasyarakat pada hari ini adalah layanan gawat darurat pada Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Emergency, layanan 24 jam, RSUD, dan puskesmas harus tetap beroperasi meski di hari pencoblosan. Karyawannya dibagi-bagi, supaya dapat menggunakan hak pilih mereka di tempat pemungutan suara (TPS) tempat mereka tinggal," katanya.

Sementara untuk pelayanan kesehatan di Poliklinik, baik di RSUD maupun puskesmas tutup seharian karena pemilu. Selain pelayanan kesehatan, pelayanan di kantor kecamatan, keluarahan, suku dinas, hingga dinas juga tutup satu hari.

Beroperasinya layanan kesehatan ini berbeda dengan layanan kependudukan yang tak beroperasi saat hari pencoblosan. Begitu juga dengan pelayanan perizinan di kantor serta pelayanan perizinan di pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) kantor pemerintahan dan Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) DKI Jakarta juga diliburkan.

"Para petugas kan juga punya hak pilih. Nanti hari Kamis (10/4/2014), beroperasi normal kembali," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Purba Hutapea.

Sekadar informasi, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada Pileg 2014, telah ditetapkan bahwa hari pemungutan suara merupakan hari libur nasional.

Di dalam Pasal 3 Ayat 1 disebutkan, hari dan tanggal pemungutan suara pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di TPS ditetapkan sebagai hari libur atau hari yang diliburkan.[bay]

Tidak ada komentar: