BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 13 April 2014

Pemilih Coblosan Ulang Menurun, Ini Sebabnya

VIVAnews - Antusiasme warga pemilih di Jakarta Timur untuk mengikuti pemungutan suara ulang sempat terlihat tinggi pada pagi hingga siang tadi.

Namun nyatanya, data pemilih yang menyuarakan hak pilihnya di tiga tempat pemungutan suara (TPS), yaitu TPS 46, TPS 54 dan TPS 62 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, menunjukkan penurunan dari pemilih yang mencoblos pada Rabu, 9 April lalu.

Data yang dihimpun VIVA.co.id, Minggu 13 April 2014, menunjukkan di TPS 46, pada coblosan 9 April lalu, pemilih yang menyuarakan haknya mencapat 358 pemilih termasuk pemilik yang masuk pada daftar pemilih khusus tambahan (DPKtb).

Sedangkan pada pencoblosan ulang hari ini, jumlah pemilih yang datang ke TPS menurun jadi 286 pemilih.

Penurunan juga terlihat di TPS 54. Pada coblosan 9 April lalu pemilih yang mencoblos mencapai 324 suara termasuk 9 pemilik yang masuk daftar pemilih khusus (DPK). Namun pada coblosan ulang hari ini, pemilih yang mencoblos hanya 272 pemilih.

Pada TPS 62, juga terjadi pola yang sama. Pemilih yang datang ke TPS pada coblosan Rabu lalu mencapai  394 pemilih, tetapi pada coblosan ulang hari ini, pemilih yang datang mencoblos hanya 323 saja.

Mengenai penurunan pemilih ini. Ketua PPS 46 Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Saman menjelaskan, warga pemilih di TPS-nya menduga sibuk pada pencoblosan ulang hari ini.

"Kemungkinan pemilih banyak yang masuk kerja, rumah jauh karena mereka tercatat di sini sebagai pengontrak. Jadi malas juga datang jauh-jauh ke sini," ujar dia di sela-sela pengumuman hasil rekapitulasi TPS 46.

Hasil rekapitulasi caleg DPRD Provinsi Jakarta di tiga TPS tersebut dimenangkan oleh tiga partai berbeda. Di TPS 46, Partai Hanura dengan raihan 151 suara, di TPS 54 PKS unngul dengan memperoleh 85 suara dan Partai Demokrat memenangi TPS 62 dengan perolehan 81 suara.

Tidak ada komentar: