BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 11 April 2014

Presiden: Kita Harus Berani Lakukan Otokritik Terhadap Kekurangan Diri

Oleh : DESK INFORMASI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, kita harus berani melakukan otokritik terhadap kekurangan diri.
“Jangan kecil hati terhadap kritik, dan jangan cepat berpuas hati saat berhasil,” pesan Presiden SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono yang diunggahnya Jumat (11/4), beberapa saat lalu.
Sebelum ini, melalui akun twitter pribadinya itu, Presiden SBY menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.  “Alhamdulillah Pemilu berlangsung aman dan tertib,” kata Presiden SBY.
Sementara sesuai hitung cepat hasil Pileg 2014 yang dilakukan beberapa lembaga survei  di antaranya Populi Center menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi pemenang dengan perolehan suara 18,2%, Partai Golkar 15,05%, Partai Gerindra 12,1%, Partai Demokrat 10,2%, PKB 8,65%, PAN 7,47%, PPP 7,02%, PKS 6,99%, Nasdem 6,75%, Hanura 5,17%, PBB 1,46%, dan PKPI 1,04%.
Lapang Dada
Dalam keterangannya kepada wartawan seusai melakukan pencoblosan di TPS TPS 006, Desa Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4), Presiden SBY meminta kepada semua peserta pemilu, yakni partai politik maupun calon anggota legislatif agar dapat lapang dada untuk menerim apapun hasil yang didapatnya dalam Pemilu kali ini.
"Tentu seperti biasa dalam pemilihan ada yang kecewa, ada yang merasa tidak sesuai, dan pasti terjadi di negara manapun. Di negara kita, semua harus miliki kesadaran tinggi. Inilah demokrasi siap kalah dan menang," kata Presiden ketika itu.
Presiden SBY berharap, caleg yang terpilih atau partai politik yang miliki suara lebih tinggi yang diberikan rakyat, agar dapat menjalankan amanah yang diberikan rakyat dengan sebaik-baiknya.
"Harapan saya caleg yang terpilih atau partai politik yang miliki suara lebih tinggi yang diberikan rakyat, harus menjalankan mandat itu sebaik-baiknya," ujar SBY.
Sementara saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait hasil hitung cepat Pileg 2014, SBY mengucapkan selamat kepada PDIP dan Partai Golkar sebagai peraih suara tertinggi. “Atas nama Partai Demokrat saya ucapkan selamat kepada partai-partai dengan perolehan suara lebih tinggi, khususnya PDIP, Golkar, dan Gerindra,” kata SBY yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu.
Meskipun baru berdasarkan hasil quick count, SBY menyatakan menerima hasil tersebut yang dia yakini tidak akan berbeda jauh dari hasil resmi versi Komisi Pelihan Umum (KPU). Bahkan SBY menyatakan partainya tidak akan menuding ada kecurangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.
“Kami menerima sepenuhnya. Suara yang Partai Demokrat dapatkan pada Pemilu Legislatif 2014 ini. Sekalipun relatif tidak tinggi, kami menerima dan tidak pernah terjadi kecurangan dalam pemilu kali ini,” tukas SBY. (ES)

Tidak ada komentar: