BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 14 April 2014

Saran dari Guru untuk Siswa Peserta UN: Tenang dan Percaya Diri

Nur Khafifah - detikNews

Jakarta - Hari ini, pelajar SMA dan SMK menggelar ujian nasional. Para guru berharap agar siswa mengerjakannya dengan percaya diri dan tak terpengaruh ganguan-ganguan dari luar.

"Tetap belajar, percaya diri saja dan yakin," kata Sekjen Forum Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listiyarti saat dihubungi detikcom, Minggu (13/4/2014).

Retno mengimbau agar para siswa tidak tergoda dengan beredarnya kunci jawaban yang saat ini tengah marak. Menurutnya sangat kecil kemungkinan kunci jawaban tersebut sesuai dengan jawaban sebenarnya. Pasalnya setiap siswa memperoleh soal yang berbeda dengan siswa lain.

"Soalnya kan ada 20, jadi siswa tidak perlu percaya pada iming-iming kunci jawaban bahkan jika gratis sekalipun," katanya.

Retno mengatakan, sebelum ujian dilaksanakan, pihak sekolah telah melakukan berbagai upaya demi kelancaran ujian penentu kelulusan siswa tersebut. Upaya tersebut antara lain tambahan les rutin dan try out pra ujian.

"Jadi siswa tak perlu panik karena persiapan jauh-jauh hari sudah dilakukan," ucapnya.

Sementara itu, Menkominfo Tifatul Sembiring dalam akun twitternya juga memberi semangat kepada para peserta UN. Tifatul juga mendoakan agar seluruh siswa dapat mengikuti UN dengan lancar.

"Semangat #UN bagi putra-putri bangsa. Yakin kau bisa jika telah berusaha & berdoa. Tenangkan jiwa, mohonkan restu kedua orang tua," ucap Tifatul dalam akun twitternya @tifsembiring yang diposting pagi ini.

Tidak ada komentar: