BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 07 Desember 2014

Jejak Peradaban di Gunung Karuhun Terkait Gunung Padang?

Jakarta - Jejak peradaban di Gunung Karuhun diduga terkait dengan yang ada di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Gunung Karuhun berjarak 1 Km di sebelah barat Gunung Padang. Arkeolog sudah menemukan bebatuan andesit yang diduga menjadi sisa peradaban.

"Penelitian lanjutan akan dilakukan di Gunung Karuhun terutama untuk melihat kemungkinan adanya hubungan antara kedua gunung tersebut. Dalam ilmu arkeologi umumnya suatu situs tidak berdiri sendiri melainkan ada situs-situs di sekitarnya yang saling terkait sehingga menjadi suatu kawasan peradaban," jelas Arkeolog UI, Ali Akbar, Sabtu (6/12/2014).

Menurut dia, alam kebudayaan Indonesia dikenal adanya kepercayaan terhadap nenek moyang atau leluhur. Leluhur tersebut merupakan asal usul manusia atau yang menciptakan manusia.

"Leluhur tersebut bersemayam atau bertempat tinggal di gunung. Sebagai contoh, nama gunung seperti Sangeang (Sang Hyang), dipercaya sebagai tempat tinggal Hyang (dewata)," jelas dia.

"Gunung Karuhun yang berarti leluhur selain dari penamaannya yang mengindikasikan hal tersebut, juga terdapat batu besar (monolit). Monolit pada beberapa situs arkeologi merupakan pusat pemujaan. Tentunya penelitian di Gunung Karuhun harus dilakukan secara intensif untuk lebih menghasilkan pengetahuan," tutup dia.

Tidak ada komentar: