BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 05 Desember 2014

Kena! Nelayan Vietnam yang Ditangkap Personel KRI Barakuda-633 Angkat Tangan

Herianto Batubara - detikNews

 Riau - Personel TNI AL dari KRI Barakuda-633 mengevakuasi nahkoda dan ABK 3 kapal nelayan Vietnam yang mencuri di wilayah perairan Indonesia. Mereka dipaksa turun dari kapalnya.

Para personel TNI AL dari KRI Barakuda-633 merapat di wilayah Pulau Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014) pagi. Mereka kemudian menurunkan sekoci lalu merapat ke 3 kapal Vietnam.

3 Kapal Vietnam itu merupakan kapal nelayan. Dua berukuran sedang, dan satu berukuran lebih besar. Warnanya seragam, yakni hijau, putih dan oranye. Mereka semua kedapatan mencuri ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Para personel KRI Barakuda-633 yang merapat ke 3 kapal itu kemudian menurunkan paksa para ABK dari kapal Vietnam yang berukuan besar. Para ABK itu kemudian dibawa naik ke KRI Barakuda-633.

Ada 8 ABK kapal ikan Vietnam yang diamankan di KRI Barakuda-633. Mereka semua kemudian diperiksa satu-persatu dan disuruh mengangkat tangan. Semua berjenis kelamin laki-laki dan rata-rata berusia sekitar 35-40 tahun. Ada satu orang yang berusia sekitar 17-an tahun.

Delapan nelayan itu disuruh duduk berbaris di atas geladak helikopter KRI Barakuda-633. Ada beberapa personel TNI AL yang menjaga dengan senjata laras panjang.

Komandan KRI Barakuda-633 Mayor Laut (P) Saryanto berjanji akan bertindak tegas. Pihaknya akan meledakkan 3 kapal ikan Vietnam tersebut yang terbukti mencuri ikan di perairan Indonesia.

Penangkapan nelayan negara asing yang mencuri ikan Indonesia berdasarkan perintah Presiden Jokowi. Jokowi memerintahkan TNI untuk bertindak dengan tegas.

Tidak ada komentar: