BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 07 Desember 2014

Pengamat: Ini Sebaiknya Komposisi Direksi Pertamina

VIVAnews - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI), Faisal Yusra, mengatakan bahwa penetapan direktur Pertamina sebaiknya mengikuti pola Undang Undang (UU) Migas, yaitu hulu dan hilir.

"Hilir sebagai direktorat teknis yang terintegrasi antara pengolahan, supply chain dan pemasaran. Dengan demikian, pengendaliannya menjadi lebih tegas dan jelas," ujarnya kepada VIVAnews, Sabtu 6 Desember 2014.

Faisal menerangkan, selain dua direktorat teknis tersebut, Pertamina juga memerlukan Direktorat Gas dan Energi Terbarukan agar sejalan dengan visi baru Pertamina sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia.

Selain itu, katanya, dengan bisnis yang sangat kompleks maka susunan direksi Pertamina seharusnya adalah Direktur Umum, Direktur Hulu, Direktur Gas, Direktur Keuangan dan Investasi serta Direktur Umum dan SDM.

Salah satu yang penting, dia menyampaikan, cukup Direktur Utama serta Direktur Keuangan dan investasi yang berasal dari kalangan eksternal. Selebihnya, sudah seharusnya berasal dari kalangan internal karena sudah memahami situasi lapangan.

"Direktur Umum dan SDM sebagai direktorat pendukung juga harus dari kalangan internal, karena masalah hubungan industrial di Pertamina sangat spesifik," tambahnya. (one)

Tidak ada komentar: