BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 15 September 2015

Jokowi Perintahkan Menteri Lingkungan Atasi Kabut Asap


Oleh : Siti Ruqoyah
VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mengaku tetap memantau kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan, meski dia tengah melawat ke sejumlah negara di Timur Tengah.
Jokowi mengaku tetap menjalin komunikasi dengan menteri dan pejabat terkait untuk menanggulangi bencana kabut asap tersebut.
"Hari ini, saya kembali menginstruksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BNPB dan Kepala-Kepala Daerah terkait untuk secara lebh cepat melakukan langkah-langkah terkoordinir dan memobilisasi semua kapasitas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan tim komunikasi Kepresidenan, Selasa, 15 September 2015.
Jokowi juga memerintahkan penegak hukum untuk memproses pihak yang bertanggung jawab atas kebakaran hutan itu.
"Termasuk pencabutan izin hak pengelolaan hutan yang diberikan pemerintah. Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa tindakan hukum akan diambil dengan sangat tegas," ujarnya menegaskan.

Terkait dengan kesehatan warga, Jokowi meminta kepala daerah selalu sigap memberikan pelayanan yang terbaik. Sementara itu, terkait dengan pemadaman, Jokowi menunjuk Panglima TNI dan Kapolri untuk menambah personel untuk membantu memadamkan api di lapangan.

Tidak ada komentar: