BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 21 Januari 2016

Johan Budi: Presiden Jokowi Beri Peringatan Pemerintah Harus Bersih dari KKN

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jakarta - Presiden Jokowi melontarkan pernyataan lewat akun twitternya untuk mengabaikan jika ada pihak yang mengaku dekat dengannya untuk minta proyek. Jubir Presiden Johan Budi menyebut pernyataan itu bersifat umum dan tak terkait kasus tertentu.

"Sebenarnya itu warning saja dan berlaku umum, tidak dimaksudkan mengarah pada satu peristiwa atau kejadian. Soal ada pihak pihak yang mengaku dekat atau utusan atau apa pun namanya dengan nama Presiden," kata Johan saat dikonfirmasi, Kamis (21/1/2016).

Beberapa waktu lalu memang heboh kasus 'papa minta saham' yang melibatkan eks Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha minyak Riza Chalid. Tetapi Johan menepis anggapan bahwa pernyataan Jokowi sebatas pada kasus itu saja.

Lebih lanjut Johan mengatakan, sebetulnya Jokowi menekankan untuk terwujudnya pemerintahan yang bersih. Siapa pun pihak yang mengaku dekat dengan Presiden dan meminta jabatan atau proyek tertentu untuk tidak ditindaklanjuti.

"Karena itu Pak Presiden memberi warning, bahwa pemerintahan ini harus bersih bukan sekadar slogan belaka, tapi dilaksanakan dalam praktik pemerintahan karena itu harus zero tollerance terhadap korupsi, kolusi dan nepotisme," tutur Johan.

Presiden Jokowi memang marah ketika kasus pecatutan namanya untuk meminta saham itu muncul. Saat ini kasus tersebut masih diusut oleh Kejaksaan Agung.

"Siapapun catut nama saya (keluarga/relawan/pejabat/lainnya), minta jabatan/proyek abaikan saja. Pemerintahan bersih harus dipraktikkan -Jkw," tulis Jokowi di akun @Jokowi tadi pagi. 

Tidak ada komentar: