BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 16 Maret 2015

Ini Empat Pilot Tim Jupiter yang Selamat di Kecelakaan Langit Langkawi

Andri Haryanto - detikNews
Jakarta - Empat pilot TNI AU selamat dalam kecelakaan dua pesawat Wong Bee KT-1B di langit Malaysia, Minggu kemarin. Para pilot tersebut selama ini dikenal sebagai pilot handal dan berpengalamanan dalam melakukan atraksi menegangkan di udara.

Empat pilot itu adalah Kapten Penerbang Ramos, Harjo, Arif, dan Yadi. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, empat pilot tersebut datang dari beragam latar berbagai skuadron. Mereka kemudian diberikan pendidikan dan pelatihan di Skuadron Adisucipto.

"Di sana (Adisucipto) akan dipilih mana yang punya pengalaman untuk menjadi pilot aero acrobatik. Mereka dipilih dari seleksi yang cukup ketat," kata Marsma Hadi saat dihubungi detikcom, Minggu (15/3/2015).

Mereka dipilah melalui serangkaian tes, salah satunya psikologi. Empat pilot ini juga sudah banyak makan pengalaman dalam pertujukan aero acrobatik. Baik di tingkat nasional atau pun internasional.

"Pengalaman mengikuti eksebisi mereka banyak, mereka selalu latihan, sehingga mereka betul-betul expert di bidang aero acrobatik," beber Hadi.

Dugaan sementara kecelakaan adalah karena sayap dua pesawat itu bersenggolan di udara, kemudian meluncur ke darat. Pilot sempat keluar dengan menggunakan kursi pelontar.

Tim SAR dan Tentara Malaysia berhasil mengevakusi pilot di Kedawang, sekitar 11,3 Km dari lokasi acara, Mahsuri International Exhibition Centre (MIEC).

Akibat insiden ini, latihan seluruh peserta dihentikan sementara. Agenda tahunan di bidang kemaritiman dan kedirgantaraan ini dihelat pada 17 - 21 Maret 2015.


Tidak ada komentar: