BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 03 Maret 2015

Pemerintah Minta Pegawai KPK Koreksi Diri

Oleh : Syahrul Ansyari, R. Jihad Akbar
VIVA.co.id - Ratusan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar aksi demonstrasi di depan gedung KPK, Jakarta, Selasa 3 Maret 2015. Mereka menolak pelimpahan kasus Komjen Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung.

Menanggapi aksi pegawai KPK, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta mereka menengok kembali proses hukum yang sudah berlangsung.
Putusan praperadilan menyatakan bahwa status tersangka BG tidak sah dan KPK dinilai tidak memiliki wewenang melakukan penyidikan terhadap perkara mantan calon Kapolri itu.

"Ini kan kembali ke hukum lagi. Kan terbukti bahwa kasus hukum itu tidak sesuai oleh pengadilan. Jadi berarti juga harus kita mengoreksi diri juga," kata Kalla di Istana Wapres, Jakarta.

Kalla berpendapat bahwa aksi tersebut tidak akan membuat KPK tamat. Dia melihat tidak semua pegawai KPK satu pikiran dengan mereka yang menggelar aksi.

"Oh tidak. Ini hanya masalah perorangan saja sebenarnya. Ada karena memasukkan emosi politik ke dalam," ujar Kalla.

Kalla melanjutkan, tidak perlu ada lagi penyusunan nota kesepahaman antara KPK, Polri dan Kejaksaan Agung. Sebab, sebelumnya sudah ada. Yang perlu, menurutnya adalah hanya perlu di-update atau diperbaiki saja.

"Saling mengisi, saling memberi informasi, saling mendukung kalau ada masalah. Tapi tetap kepada jalur hukum," tutur mantan Ketua Umum Partai Golkar ini. (ase)

Tidak ada komentar: