BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 20 Maret 2015

JK Pastikan Pemerintah Konsisten Jalankan Eksekusi Mati Gembong Narkoba

Mulya Nurbilkis - detikNews
Jakarta - Pemerintah belum melaksanakan eksekusi mati terhadap duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Eksekusi masih tertunda karena proses hukum kedua terpidana tersebut masih berlanjut.

"Ya itu soal Jaksa Agung karena masih ada upaya hukum dari mereka, ya kita menghormati upaya hukum itu sampai selesai," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2915).

JK memastikan, pemerintah akan tetap konsisten melaksanakan putusan tersebut. Penundaan yang terjadi saat ini, menurutnya bukan berarti pemerintah tidak konsisten.

"Tetap konsisten kan. Saya ingin selalu ingatkan bahwa yang ambil keputusan bukan pemerintah, pengadilan. Selama pengadilan memutuskan begitu ya dijalankan," tegasnya.

Sebelumnya Jaksa Agung Prasetyo menjelaskan, tidak ada kendala teknis terkait proses eksekusi mati. Prasetyo menyebut pihaknya menunggu proses hukum yang diajukan para terpidana mati.

"Kita ingin selesai semua. Jadi dalam eksekusi mati jangan kita meninggalkan masalah sekecil apapun. Anda lihat masih ada yang mengajukan PK meskipun sebenarnya tidak lazim karena grasinya sudah pernah diajukan ditolak," kata Prasetyo.

Tidak ada komentar: