BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 18 Maret 2015

Jokowi: Traktor di Ponorogo Bukan Ditarik tapi Disebar ke 5 Kabupaten

Mega Putra Ratya - detikNews
 Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tanggapan terkait penarikan kembali ratusan traktor usai panen raya di Desa Jetis, Ponorogo. Jokowi menyebut penarikan dilakukan karena traktor akan disebar ke seluruh kabupaten.

"Siapa yang narik? gini loh, itu dikumpulkan 1.300 unit, kan nggak mungkin 1.300 unit untuk 1 desa, itu untuk 5 kabupaten ya dinaikkan lagi, disebar," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (18/3/2015).

Menurutnya, pembagian traktor bukanlah pemberian alat bantu pertanian secara simbolis saja. Jokowi mengatakan, seremonial pemberian ribuan traktor tersebut memang diresmikan di Ponorogo, namun setelah itu tetap akan dibagikan ke setiap kabupaten di kawasan tersebut.

"Kita nggak mau simbolis, 3 atau 5, yang 1.300 kemana. Ya dikumpulkan, betul barangnya 1.300, setelah itu dibagikan ke masing-masing kabupaten," tutupnya.

Beberapa waktu lalu, petani Ponorogo, Jawa Timur, menerima ratusan traktor dari Presiden Jokowi. Pemberian alat pertanian itu jadi isu hangat, karena setelah kegiatan, traktor tersebut ditarik lagi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto sebelumnya membenarkan traktor itu tak langsung diberikan ke masyarakat. "Itu (penyerahan) hanya simbolis, display saja. Bukan tidak dibagikan, tapi belum," kata Harmanto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (17/3).

Tidak ada komentar: