BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 11 November 2015

Luar Biasa, Hutan Belantara di Perbatasan RI-Malaysia Disulap Jadi Jalan

Dana Aditiasari - detikfinance
Jakarta -Pembangunan jalan akses di kawasan perbatasan menjadi prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kawasan yang selama ini hutan belantara kini mulai tersentuh pembangunan jalan.

Salah satunya ruas jalan yang saat ini proses pekerjaannya sedang berlangsung adalah Mensalong-Tou Lumbis sepanjang 147,95 Km, di Provinsi Kalimantan Utara.

Pembangunan itu memberi pengaruh besar bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perbatasan dan hampir terlupakan oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Bagaimana tidak, pembangunan jalan itu membuka akses darat pertama ke masyarakat perbatasan yang selama ini hampir tidak tersentuh. Contohnya seperti di kecamatan Lumbis Ogong, Kalimantan Utara.

Dari foto tersebut terlihat saat ini trase jalan yang sebelumnya masih tertutup hutan saat ini sudah terbuka meski berupa jalan tanah. Pekerjaan selanjutnya, adalah perkerasan jalan dengan melakukan pemadatan tanah dan pengaspalan yang sepenuhnya akan ditangani oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Pembangunan jalan akses ini akan menghubungkan Kecamatan Lumbis Ogong dengan sejumlah tempat seperti Mensalong dan Malinau. Sehingga, diharapkan bisa memberikan harapan baru masyarakat perbatasan terpencil yang selama ini hampir terlupakan.

"Ruas Tou Lumbis-Mensalong menjadi prioritas karena nantinya di Tou Lumbis akan dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN), selain itu juga menjadi penghubung masyarakat menuju Malinau," kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hermanto Dardak kepada detikFinance, Selasa (10/11/2015).

Tidak ada komentar: