BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 03 Desember 2014

Di Sidang Kebinet Hari Ini, Bappenas Paparkan Program RPJMN

VIVAnews - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) atau Kementerian PPN, hari ini, Rabu 3 Desember 2014 akan memaparkan Rancangan Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) teknokratik dalam sidang kabinet paripurna.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan, pemerintah baru merombak hampir sebagian besar RPJMN teknokratik yang telah dibuat pemerintahan sebelumnya. "Terutama masukan visi dan misi, arah pembangunan," ungkapnya.

Dia mengatakan, RPJMN 2015-2019 juga akan mencakup kalkulasi teknis program yang akan dikerjakan. Sehingga, diharapkan implementasinya dapat sesuai dengan janji-janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama masa kampanye lalu. "Kami ada penajaman arah," ujarnya.

Pemaparan ini menurut Andrinof, masih tahap awal. Pimpinan kementerian dan lembaga akan mengkaji rancangan RPJMN tersebut dan secara terpisah dibahas pula di daerah melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) regional.

"Terus konsultasi kementerian dan lembaga kembali, lalu dibawa lagi ke sidang kabinet. Kalau sudah final, akan ditetapkan," tuturnya.

Dia berharap, proses tersebut dapat diselesaikan bulan ini. Sehingga, dalam pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (RAPBN-P) 2015 pada Januari 2015, arah kebijakan pemerintahan baru akan lebih matang.

Tidak ada komentar: