BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 21 Desember 2014

Ketua KPK: Pembukaan Cabang KPK di Tiga Daerah Susah Terwujud

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengakui pendirian kantor cabang KPK di 3 daerah susah terwujud. Kesulitan mewujudkan ini bisa terjadi jika tak ada dukungan dari DPR dan Presiden.

"Lagi-lagi, persetujuan akhirnya ada di DPR dan eksekutif, karena masalahnya ini menyangkut pemberian fasilitas, karena kalau tidak didukung fasilitas infrastruktur susah mendirikan cabang itu," ujar Abraham saat menghadiri diskusi Ulang Tahun ke-16 Anti Corruption Committee (ACC) di gedung Mulo, Makassar, sabtu (20/12/2014).

Abraham menyebutkan, rencananya pembangunan kantor cabang KPK ini akan dibentuk di tiga daerah yakni Medan, Balikpapan dan Makassar. Kantor cabang ini nantinya berfungsi sebagai unit pengaduan dan pencegahan tindak pidana korupsi di daerah.

"Di daerah hanya unit pengaduan dan pencegahan untuk perbaikan sistem, finalisasi kasusnya tetap di pusat, di Jakarta," pungkas mantan aktivis ACC ini.

Dalam kegiatan diskusi ulangtahun ACC ini dihadiri sekitar 200 tokoh masyarakat dan aktivis LSM se-Makassar. Selain diskusi juga digelar pemutaran film dokumenter berjudul 'Hilang Mencari Jaksa Jujur dan Berani'.

Tidak ada komentar: