BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 28 Desember 2014

Ini Kendala yang Sulitkan Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501

Oleh : Amal Nur Ngazis, Taufik Rahadian

VIVanews - Pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 belum ditemukan hingga kini sejak dinyatakan hilang kontak pagi tadi. Pencarian pun dilakukan oleh otoritas Indonesia. Pencarian pada hari ini belum maksimal. Pusat kendali pencarian, Basarnas menyebutkan pencarian akan optimal pada besok.
Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya FHB.Soelistyo, Minggu 28 Desember 2014 menjelaskan pencarian bisa tersendat dengan adanya kendala.

"Pertama, tantangan cuaca. Kalau cuaca kurang mendukung sulit bagi kami," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Jakarta.

Tantangan selanjutnya, kata dia, jika pesawat yang membawa 155 penumpang itu jatuh berada di bawah permukaan laut.

"Kalau ini, maka alat yang kita punya marine detector, yang spesifikasinya hanya mampu melebihi 200 meter saja," terang Soelistyo.

Tantangan pencarian terakhir yaitu ketidakpastian lokasi pesawat. Namun, terhadap tantangan terakhir ini, ia yakin bisa diantisipasi dengan perhitungan dari hasil evaluasi lapangan.

"Sehingga bisa diprediksikan," tegasnya.

Kepala Basarnas menambahkan pencarian tahap pertama bakal dilangsungkan selama tujuh hari. Jika dalam rentang waktu itu belum menemukan pesawat, pencarian terbuka kemungkinan bisa diperpanjang sesuai perkembangan di lapangan.

Tidak ada komentar: