BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 01 Desember 2014

Harga Minyak Dunia Merosot Jelang Pertemuan OPEC

VIVAnews - Minyak mentah Amerika Serikat ditutup melemah pada perdagangan dini hari tadi, Selasa 25 November 2014. Pelemahan itu disebabkan oleh aksi wait and see dari para pelaku pasar yang menantikan pertemuan OPEC pekan ini.

Seperti diketahui, Kamis mendatang, 27 November 2014, akan dilangsungkan pertemuan kelompok negara-negara pengekspor minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) di Wina.

Seperti diberitakan CNBC, saat ini, muncul isu mengenai beberapa negara yang mengajukan permohonan untuk mengurangi produksi minyak sebesar satu juta barel per hari, atau lebih, dalam upaya untuk menopang harga minyak yang jatuh sekitar 30 persen sejak Juni.

Di sisi lain, negara di luar kelompok OPEC, seperti Rusia yang mengharapkan harga minyak lebih tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonominya menyatakan mampu memangkas sendiri produksi minyak mentahnya sekitar 300 ribu barel per hari.

Namun, para pengamat memprediksi langkah yang coba dilakukan oleh Rusia akan berujung sia-sia.

"Investor tampaknya mengharapkan, produksi minyak akan dipangkas melalui hasil pertemuan KTT OPEC," ujar Bank ANZ dalam keterangan tertulisnya.

Adapun, harga minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) untuk kontrak bulan Januari 2015, berakhir turun 0,95 persen ke level US$75,78 per barel di Nymex.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent untuk kontrak bulan Februari 2015 ditutup melemah 0,87 persen menjadi US$80,15 per barel.

Tidak ada komentar: