BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 02 Desember 2014

JK: Jangan Takut Ambil Kebijakan Karena Takut Dituduh Korupsi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para pejabat di pusat dan daerah untuk tidak takut mengambil kebijakan karena takut dituduh korupsi. Kebijakan harus mengandung bagian dari antikorupsi.

"Harus berani menjalankan amanah, jangan jadi takut-takut melakukan kebijakan karena takut dituduh korupsi," ujar JK di acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2014 di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (2/12/2014).

"Kita harapkan adanya kombinasi dari pencegahan, penindakan," tambahnya.

Pada kesempatan itu, JK mengatakan semangat antikorupsi harus disadari bukan karena ditakuti. Dirinya menginginkan birokrasi dapat berjalan dengan kesadaran antikorupsi.

"Wewenang untuk melakukan kebijakan yang baik harus tetap jalan," kata JK.

Saat itu JK juga menyinggung banyaknya menteri, pejabat dan kepala daerah yang hadir dalam hajatan KPK ini. Dengan nada bercanda, JK mengatakan sangat penting bagi para pejabat untuk menghadiri acara ini untuk mengerti soal korupsi daripada diundang oleh KPK di kantornya.

"Menteri yang hadir banyak, ini memunculkan untuk memberantas korupsi di semua instansi. Saya harap Anda datang untuk memberantas korupsi bukan karena takut. Anda pasti lebih senang hadir ke sini daripada diundang ke kantor KPK. Lebih baik kita undang KPK daripada diundang ke kantor KPK," kata JK yang mengundang tawa undangan.

Tidak ada komentar: